Cara Mengisi Bensin yang Baik dan Benar

Mengisi bakar atau bensin adalah suatu rutinitas penting bagi para sobat yang sering menggunakan kendaraan bermotor pribadi. Mungkin masih banyak dari sobat sekalian yang mengisi bensin dengan asal-asal isi saja karena mungkin sobat sekalian belum mengetahui cara mengisi bensin yang baik dan benar.

Padahal ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan saat akan mengisi bensin, salah satunya adalah pemilihan waktu pengisian bensin. Pengisian bensin diwaktu yang tepat dapat berpengaruh terhadap kualitas dan kejernihan bensin tersebut loh sob.

Pengisian bensin pada waktu pagi hari buta atau tengah malam dapat memberikan bensin yang lebih jernih, karena pada saat itu kotoran-kotoran pada bensin lebih sedikit bila dibandingkan dengan di siang hari. Karena pada saat malam hari suhu bensin di tempat penampungan sangat rendah yang megakibatkan kotoran dalam tangki yang bercampur dengan bensin akan mengendap, nah ketika siang hari saat terjadi kenaikan suhu dalam tempat penampungan, maka akan terjadi aliran konveksi yang menyebabkan kotoran yang tadinya mengendap akan terangkat naik ke permukaan. Sama seperti saat sobat sekalian merebus air. Itulah yang menyebabkan kenapa bensin di malam hari lebih jernih dibandingkan bensin di siang hari

Bensin yang jernih jelas sangat berpengaruh bagi keawetan kendaraan sobat.

Selain hal yang sudah dijelaskan di atas, masih ada satu hal lagi yang perlu sobat perhatikan ketika mengisi bensin. Yaitu, jangan mengisi bensin saat pom bensin sedang melakukan pengisian ulang, karena pada saat itu kotoran pada tempat penampungan bensin akan terburai akibat semburan dari bensin yang dituang ke dalam tempat penampungan. Besar kemungkinan kotoran-kotoran tersebut akan ikut terhisap oleh pompa saat sobat mengisi bensin.


Kemudian ada hal lain lagi yang juga harus sobat perhatikan ketika mengisi bensin, yaitu perhatikan faktor suhu lingkungan. Bensin itu tersusun dari partikel-partikel yang cepat menguap, suhu yang tinggi akan membuat bensin cepat menguap. Nah, ada baiknya sobat mengisi bensin di kala suhu sedang dingin, karena satu liter bensin di saat suhu dingin akan sangat berbeda dengan bensin di saat suhu sedang panas. Dan waktu yang cocok adalah pada pukul 02.30 pagi, yaitu saat bumi sedang berada pada posisi dengan suhu terendah.

Itulah beberapa hal yang dapat gue sampaikan kepada sobat-sobat sekalian, khususnya sobat-sobat yang sering menggunakan kendaraan bermotor pribadi. Silahkan sobat pertimbangkan kembali tentang ulasan cara mengisi bensin yang baik dan benar di atas. Namun hal-hal diatas bukanlah suatu keharusan dan paksaan kepada sobat, karena tidak mungkin setiap akan mengisi bensin kita harus melakukannya pada pagi-pagi buta. Bila sedang memiliki waktu luang silahkan sobat mencobanya dan bandingkan sendiri.

Silahkan dishare sobat! :) :)



Share on Google Plus

About Harus Tahu