Cara Mengetahui Gadget Asli Atau Palsu

Perkembangan gadget yang sangat pesat terkadang memaksa kita untuk terus update masalah dunia pergadget-an saat ini. Selain menjadi tren masa kini, gadget juga sudah menjadi kebutuhan dalam masyarakat dewasa ini.

Nah, sedikit tips dari gue nih sob kalau lu ada rencana buat beli gadget baru dan takut merasa ketipu. Lu dapat menggunakan beberapa cara ini untuk mengetahui gadget tersebut asli atau palsu alias aspal.

1. Bandingkan Harga
Sebelum membeli sebuah gadget baru ataupun seken, ada baiknya sobat membandingkan harga yang ditawarkan dengan harga pasaran saat ini, untuk mengetahui harga pasaran sobat dapat searching di internet dengan membuka situs-situs jualan online. Jika perbandingan harga yg ditawarkan jauh lebih murah dari harga pasaran, ada baiknya sobat mikir-mikir dulu deh untuk membeli gadget tersebut. Bisa saja gadget tersebut adalah barang curian, bajakan, ataupun selundupan.

2. Cek Desain dan Kinerja
Biasanya sob barang yang palsu itu diproduksi di tempat yang sama dengan barang yang asli, tapi yang membedakan adalah komponen atau bahan material yang digunakan, nah barang palsu biasanya menggunakan komponen yang lebih murah daripada barang yang asli. Untuk mengeceknya sobat bisa melihat detail fisiknya dan berat si gadget, bila terasa ringan kemungkinan gadget tersebut adalah palsu.

3. Cek Kode Produk, Rincian, dan Fiturnya
Cara mengetahui gadget atau palsu berikutnya adalah dengan memeriksa spesifikasi gadget yang akan sobat beli, cocokkan dengan spesifikasi yang diterbitkan oleh produsen resminya. Lalu cek kode produksi yang biasanya terdapat pada baterai.

4. Cek Ketersediaan pada Vendor Resmi
Salah satu cara yang perlu sobat lakukan untuk menghindari gadget palsu adalah dengan cara mengecek ketersediaan produk yang akan dibeli pada vendor resminya. Jika gadget masih tersedia atau ready stock berarti barang tersebut adalah asli, namun bila sudah tidak tersedia kemungkinan gadget tersebut adalah palsu.

5. Cek Garansi Gadget
Barang asli sudah pasti terdapat garansi resmi pabrik dan juga garansi toko, bila gadget yang akan anda beli hanya memiliki garansi toko, maka dapat dipastikan gadget yang akan anda beli tersebut adalah palsu.

Itulah cara mengetahui gadget asli atau palsu yang bisa sobat jadikan sebagai bahan referensi ketika akan membeli sebuah gadget baru. Semoga bermanfaat, tetap berhati-hati terhadap penipuan!!




Share on Google Plus

About Harus Tahu